Pemdes Muntai Giat Menanam Magrove ,Rangka Menjaga Ancaman di Pulau Terkecil Terluar dari NKRI

 

Bantan, Kabarmonitor.com- Penanaman mangrove sinergisitas antara pemerintah kecamatan bantan, pemerintah Desa Muntai, Polsek Bantan dan Koramil 01 Bengkalis sekitar wilayah pusat Titik Refensi 186A Batas Negara di Kuala Desa Muntai. (Selasa, 26-12-2023).

Dalam acara penanaman magrove Yang dihadiri, Camat bantan diwakili kasi trantib Jayusni, SE, Sy, Danramil 01 Bengkalis beserta anggota, Kapolsek Bantan beserta anggota, Danposal Muntai beserta anggota, distrik navigasi Muntai, Kelompok Mangrove teluk pambang dan Kelompok Mangrove desa Muntai, ketua BPD Desa Muntai, Ibu PKK Muntai dan anggota dan RT. RW. LPM, Perangkat Desa Muntai.

Kegiatan ini dalam rangka menjaga ancaman abrasi di pulau terkecil terluar dari NKRI.

Nurin Kades Muntai dalam kata sambutan nya mengatakan,

Penanaman mangrove juga memiliki banyak manfaat ekologis. Ekosistem mangrove menyediakan habitat yang penting bagi beragam spesies hewan dan tumbuhan, termasuk ikan, burung, dan moluska. Mereka menjadikan mangrove sebagai tempat berkembang biak, tempat berlindung, serta tempat mencari makan. 


Nurin Kades Muntai  juga menjelaskan ,  Keberadaan mangrove yang sehat juga membantu menjaga keanekaragaman hayati di wilayah pesisir Pantai muntai, mempertahankan populasi spesies yang rentan, dan memelihara kesuburan perairan. Karenanya, penanaman mangrove menjadi salah satu solusi berkelanjutan untuk dapat mengatasi abrasi pantai dan menjaga kelestarian ekosistem pesisir pantai pulau kecil terluar dari NKRI."jelas nya 

Nurin juga menyampaikan  jika Pemerintah Desa Muntai mendapatkan  penghargaan dari Badan Restorasi Gambut tahun  Dan Manggrove tahun 2023  , Karena sudah berpartisipasi dalam program desa mandiri peduli gambut,"imbuhnya**(Rdw)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak