Camat Bantan Resmikan Secara Langsung Pembukaan MTQ Ke-XXIX Desa Teluk Lancar

 


BANTAN, Kabarmonitor.com-Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an MTQ Ke-XXIX tingkat Desa Teluk Lancar Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, resmi di buka Camat Bantan,bertempat di halaman kantor Desa teluk Lancar Rabu (15/05/2024)

Mengawali kegiatan MTQ kepala Desa Ismail secara langsung melepas kegiatan pawai taa'ruf yang di ikuti dari masing- masing RW se Desa Teluk Lancar.

Dalam sambutan kepala Desa Teluk Lancar Ismail mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan terkhusus Camat dan KUA Kecamatan Bantan serta seluruh para undangan lain nya tanpa terkecuali. 

Kehadiran beberapa Pejabat Kepala Desa se Kecamatan Bantan juga merupakan suatu kehormatan yang sangat luar biasa pada pembukaan MTQ kali ini," sebutnya. 



Sementara pelaksanaan kegiatan musabaqoh ke-XXIX ini kami dari pemerintah Desa Teluk Lancar semaksimal mungkin akan berupaya untuk mengikuti kegiatan MTQ tingkat kecamatan nantinya hingga tingkat Kabupaten dan insya allah sampai ke tingkat Provinsi,"ujar Ismail 

Camat Bantan Rafli Kurniawan S.IP., M.Si, juga berharap kepada seluruh Kepala Desa baik pejabat sementara maupun yang definitif se Kecamatan Bantan agar pada pelaksanaan MTQ di tingkat Desa bisa hadir, karna selain ajang silaturahmi dapat pula memajukan Kecamatan Bantan ini. 

"Dengan program Bermasa dari pemerintah Kabupaten ke setiap Desa tentunya bukan saja untuk pembangunan fisik namun bagaimana Desa dapat membangun SDM terlebih kepada kemaslahatan ummat seperti kegiatan MTQ dan keagaman lainnya. 

Berharap Kecamatan Bantan bisa kembali seperti tahun sebelum nya dimana hampir 7 tahun belakang ini Bantan hanya peringkat kedua dari Kecamatan Bengkalis, dan insya allah kepengurusan LPTQ untuk Kecamatan Bantan sudah kita kukuhkan kembali, sebutnya.

Camat Bantan Rafli Kurniawan.S.IP.M.Si juga memaparkan , LPTQ merupakan mitra Kementerian Agama dalam usaha peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Alquran di tengah masyarakat.

LPTQ, ucap Camat Bantan , sejatinya memiliki 4 tugas pokok, pertama menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ/STQ) secara berjenjang mulai dari tingkat Desa , kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Kedua, tambah dia, LPTQ juga memiliki tugas menyelenggarakan pembinaan tilawah (baca dan lagu), tahfizh (hafalan), khat (tulis indah), puitisasi (isi kandungan Al-Quran) syarh dan pameran Al-Quran.

Ketiga meningkatkan pemahaman Al-Quran melalui penterjemahan penafsiran, pengkajian dan klasifikasi ayat-ayat. Serta keempat meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Saat ini peran yang lebih menonjol dari LPTQ adalah suksesi penyelenggaraan MTQ/STQ, sementara tugas lain seperti pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan.

Dihadapan puluhan peserta , camat bantan Rafli, juga mengingatkan bahwa pengurus LPTQ harus menguasai dan memahami pedoman penyelenggaran MTQ/STQ serta pedoman perhakiman, sehingga pelaksanaan MTQ/STQ di Kecamatan Bantan setiap tahun akan semakin berkualitas.



“Kedepan pengurus LPTQ harus bisa mengutus peserta MTQ/STQ disemua cabang lomba termasuk hifzil Quran 30 juz dan harus asli putra/putri Desa sendiri ,” pungkasnnya

Kepala Desa Teluk Lancar juga Melantik dan mengambil sumpah terhadap beberapa orang dewan Hakim atau Dewan juri sebagai tim penilai untuk acara MTQ ke-XXIX tingkat Desa Teluk Lancar.

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XXIX tingkat Desa Teluk Lancar , diresmikan dengan memukul Gong Oleh Camat Bantan.


Ka Biro Bengkalis M.Riduwan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak