Kajati Riau Meresmikan "Bilik Damai" Kejati Riau Bersama LAM Riau

 




Pekanbaru, Kabarmonitor.com- pada hari Rabu Tanggal 30 Juli 2024 sekira pukul 09.30 Wib bertempat di Bilik Damai, Balai Adat Melayu Riau, Jl. Diponegoro, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, S.H., M.H meresmikan "Bilik Damai" kerjasama Kejaksaan Tinggi Riau dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).


Dalam penyampaiannya, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, S.H., M.H menyampaikan Bilik Damai ini bukanlah semata sebuah bangunan fisik, melainkan simbol dari komitmen kita semua untuk mempertahankan dan mengedepankan perdamaian dalam bingkai Keadilan Restoratif di masyarakat. Dengan adanya Bilik Damai ini kita berharap mampu mewujudkan kepastian hukum, keadilan, kemanfaatan, kedamaian, ketertiban hukum, dan kebenaran dalam bingkai kearifan lokal yang tetap berpedoman pada norma keagamaan, kesopanan, dan kesusilaan, serta wajib menggali nilai-nilai kemanusiaan dan hukum yang hidup di masyarakat Riau.


Kemudian, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, S.H., M.H Kejaksaan Tinggi Riau memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung upaya Lembaga Adat Melayu Riau dalam menjalankan tugas mulianya, dengan tunjuk ajarnya yang masih relevan dengan kondisi saat ini. Dan juga, Kejaksaan Tinggi Riau berkomitmen untuk menjaga integritas hukum, melindungi hak-hak masyarakat, serta mendukung proses perdamaian dan penyelesaian konflik yang berkeadilan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, S.H., M.H mengucapkan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan serta dalam proses perencanaan dan pembangunan sampai akhirnya   Bilik Damai ini diresmikan. Khususnya kepada First Resources Limited atas bantuan CSR sehingga dapat diadakannya bilik damai bertempat di Gedung LAM Riau,  Semoga Gedung ini bisa dipergunakan untuk kemaslahatan masyarakat Riau dan semoga langkah-langkah yang kita ambil hari ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi kita semua, khususnya bagi penegakan hukum yang humanis dan berkeadilan di Provinsi Riau.


Marilah kita jaga dan lestarikan warisan kearifan lokal dan budaya ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita jalin kerjasama yang erat antara Kejaksaan Tinggi Riau, Lembaga Adat Melayu Riau, Tokoh Masyarakat dan pemerintah daerah, untuk terus mengedepankan konsep Restoratif Justice yaitu memulihkan kembali pada keadaan semula yang tidak berorientasi pada pembalasan dan tetap memperhatikan keseimbangan antara perlindungan terhadap korban dan hak pelaku tindak pidana yang tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang aman, damai, harmonis dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.


Adapun turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Provinsi Riau atau yang mewakili, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Rini Hartatie, S.H., M.H, Para Asisten pada Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Marcos Marudut Mangapul Simaremare, S.H., M.Hum, Para Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Riau, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri H. Raja Marjohan Yusuf, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Seri H. Taufik Ikram Jamil serta Para Undangan lainnya.


Kegiatan peresmian Bilik Damai Kerjamasa Kejaksaan Tinggi Riau bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) berlangsung dalam keadaan aman, tertib, dan lancar. An. Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Riau Kasi Penerangan Hukum Zikrullah, S.H., M.H

Redaksi Eka El Rini, SE 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak