Sempena Hari Jadi Bengkalis ke 512 DPRD Bengkalis Sidang Paripurna Bersama Bupati Bengkalis



Bengkalis, Kabarmonitor.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis gelar Rapat Paripurna sempena hari jadi Bengkalis ke 512. Dengan selogan Terus Bermasa Bengkalis Hebat, Tegakkan Marwah, Negeri Maju, Masyarakat Sejahtera. Bertempat di lantai dua gedung DPRD Bengkalis, Selasa (30/07 /2024).


Sebelum dimulai acara, DPRD Bengkalis terlebih dahulu Pimpinan DPRD bersama  Bupati Bengkalis beserta rombongan di arak dan diiringi kompang dari rumah dinas Bupati Bengkalis menuju gedung DPRD Bengkalis di jalan Antara 


Tampak hadir pada sidang Paripurna istimewa tersebut Pj. Gubernur Riau diwakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, Ir. Emri Juli Harnis, Bupati Bengkalis Ke-14 Amril Mukminin, Ketua DPRD Provinsi Riau, diwakili Sugeng Pranoto, Ketua Umum DPH LAMR Provinsi Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil , Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau.


Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Arh Irvan Nurdin, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, Ketua Kejaksaan Negeri Bengkalis Dr. Sri Odit Megonondo, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rahmatullah Ramadan, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis Habiburrahman.


Sekretaris Bengkalis, Dr. Ersan Syaputra.TH, Para Staf Ahli, dan Asisten lingkup Bengkalis, seluruh Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Pemkab Bengkalis, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Ketua DWP Ira Vandriyani, Ketua Kemenag Bengkalis H Khaidir, Ketua DPH LAMR Kab. Bengkalis Syaukani Alkarim, Camat Se Kabupaten Bengkalis serta undangan lainnya.


Penetapan Hari Jadi Bengkalis pada tanggal 30 Juli merupakan sebuah ketetapan yang sudah dikukuhkan dengan Keputusan DPRD Kabupaten Bengkalis Nomor 08/Kpts/DPRD/2004. 


Kemudian dituangkan kembali dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 20 Tahun 2004 , tanggal 28 Juli 2004 , dan telah diundangkan di dalam Lembaran Daerah," hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan, S.Pdi., M.Si selaku Pimpinan Rapat.


Diutarakan Sofyan lagi, "Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis hari ini adalah sempena Hari Jadi ke-512 Bengkalis, peringatan hari jadi yang kita laksanakan pada hari ini, adalah sebuah ikhtiar untuk menyatakan bahwa kita bukanlah sebuah generasi yang durhaka kepada sejarah. Kita sebuah generasi yang memiliki rasa hormat terhadap apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita," ucapnya.


Ia juga menambahkan, Jika kita semua memuliakan perjuangan mereka dan menghormatinya dengan ketakziman yang penuh. Menghormati sejarah, adalah menghormati diri kita sendiri.


"Karena hari ini berpangkal dari masa lalu. Sejarah adalah tempat kita berguru dan memperbaiki keadaan. Jika sejarah mengabarkan tangisan kepedihan, maka kita hari ini harus menggantinya dengan tawa kebahagiaan. Jika dalam sejarah menyebutkan tentang perpecahan, maka hari ini kita harus merekat persatuan dan persaudaraan, jika sejarah mengabarkan kegemilangan, maka tugas kita hari ini adalah melanjutkan kegemilangan itu, dan menggemakannya ke ceruk - ceruk negeri dan sekota sekampung," ucap Sofyan lagi.


Bengkalis pada hari ini adalah sebuah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju. Tanah ini mencoba menghala menuju sebuah kurun kegemilangan, menuju sebuah zaman yang diimpikan, menjadi sebuah negeri yang makmur dan sejahtera, negeri yang gemilang dan penuh kemuliaan, negeri yang meletakkan kebaikan dan kemaslahatan rakyat sebagai julang - julangan dan mahligai perjuangan. 


Kita bersyukur, Allah Yang Maha Kuasa, telah menganugerahi negeri ini dengan sumberdaya yang luar biasa, baik di perut bumi, daratan, maupun lautan. Jika semua potensi yang tersedia, dapat kita manfaatkan dan maksimalkan secara baik, Insya Allah, maka mimpi untuk membuat negeri ini menjadi negeri yang terbilang akan sampai pada matlamatnya. 


Oleh karena itu, Hari Jadi Bengkalis ini, khususnya bagi kita, semestinya bukanlah semata - mata peristiwa mengenang dan berbagi cerita, bukan sekedar bergembira, atau sekedar sebuah kegiatan seremonial belaka. Tapi lebih dari itu, peristiwa ini hendaklah kita jadikan sebagai momentum strategis, untuk melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang telah dilakukan, melihat laju pembangunan yang tengah berjalan dan untuk merencanakan peningkatan dimasa yang akan datang. 


"Kami selaku Pemimpin dan segenap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis, mengucapkan Selamat Hari Jadi ke 512 Bengkalis Tahun 2024, semoga Negeri Bengkalis tetap memperoleh berkah dan rakyatnya makmur, maju dan sejahtera," ucap Sofyan. 



Selain itu, Bupati Bengkalis Kasmarni didampingi Wakil Bupati Bagus Santoso dalam sambutannya, mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga kehormatan, nama besar dan nama baik Bengkalis, sebagai kawasan yang aman, damai, kondusif, maju dan berprestasi.


"Hari Jadi Bengkalis yang kita selenggarakan setiap tahun ini merupakan wujud apresiasi mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang telah berhasil memukul mundur pasukan Portugis yang ingin mengambil alih pulau Bengkalis pada tanggal 30 Juli 1512 silam," ungkap Bupati.


Ia juga menceritakan sejarah Bengkalis secara singkat, bermula dari sebuah pulau yang dihuni oleh orang laut, hari ini genap sudah Bengkalis berusia 512 tahun, dengan kematangan usianya, kini Bengkalis menjadi salah satu kawasan yang semakin maju dan berkembang.



Sejarah kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra-putri terbaik di negeri ini berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis pada tahun 1512 atau lebih kurang 510 tahun yang silam, terangnya


"Terimakasih para sesepuh alim ulama tokoh pendidikan dan seluruh warga Bengkalis yang telah mewarnai perubahan semoga sumbangsih ini menjadi tanda mata bagi generasi di masa yang akan datang," ucap Bupati. **

Kabiro Bengkalis Riduwan 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak