Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Serta Serah Terima Jabatan Esselon III lingkup Kejaksaan Tinggi Maluku


Ambon, Kabarmonitor.com- Bahwa pada hari ini, Selasa 27 Agustus 2024 sekitar pukul 09.00 Wit, bertempat di ball room Banda Neira Hotel Swiss-Bell Ambon Jln. Benteng Kapahaha Kelurahan Hunipopu Kecamatan Sirimau Kota Ambon, telah dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan serta Serah Terima Jabatan Esselon III yang dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agoes S. Prasetyo, S.H.,M.H.


Adapun Pejabat yang dilantik, antara lain :

1. Adrianus Notanubun, S.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Buru di Namlea, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Maluku, menggantikan Pejabat Lama Muhammad Hasan Pakaja, S.H yang dipromosikan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Pagar Alam di Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan;

2. Fik Fik Zulrofik, S.H.,M.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara di Langgur Provinsi Maluku, yang sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara di Manado, (Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara di Langgur Provinsi Maluku merupakan Kejaksaan Negeri yang baru dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden R.I dan Jaksa Agung R.I);

3. Ariyanto Novindra, S.H.,M.H sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Maluku, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Keamanan Negara, Ketertiban Umum dan Tindak Pidana Umum lainnya pada Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur di Kupang, menggantikan Pejabat Lama Adrianus Notanubun, S.H yang dipromosikan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Buru di Namlea;

4. Petrus Andri Parlindungan Napitupulu, S.H.,M.H sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Maluku, yang sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Ahli Madya pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung di Jakarta.


Saksi – saksi yang dihadirkan, antara lain :

1. Yunardi, S.H (Aspidum Kejati Maluku)

2. Rio Rizal, S.H.,M.H (Aswas Kejati Maluku)


Rohaniawan, antara lain :

1. H. Hijerin Aliah, S.Ag.,M.H

2. Carl Herman Thenu, S.Si.,M.Si


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pada Pejabat III diikuti dengan penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando kepada Kepala Kejaksaan Negeri Buru Adrianus Notanubun, S.H dan Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tenggara Fik Fik Zulrofik, S.H.,M.H, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku yang intinya agar para Pejabat yang dilantik dan disumpah dapat melaksanakan tugas dan kewajiban serta tanggung jawabnya dalam sebuah Jabatan, perlu disadari bahwa semua itu harus dimaknai sebagai Sumpah, Ikrar serta janji bukan hanya kepada diri sendiri melainkan juga kepada orang lain, Masyarakat, Bangsa terlebih kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Kajati menambahkan dalam sambutannya, berkenaan dan atas dasar itulah maka didalam setiap membuat keputusan pengangkatan, mutasi, promosi, alih tugas dan penempatan pada setiap jabatan oleh unsur Pimpinan dan Pembantu Pimpinan Kejaksaan selalu dilandasi dengan penelahaan dan pertimbangan secara jelas menyeluruh, tidak sekedar hanya bertujuan sebagai bagian dari upaya mendorong pemantapan profesionalitas, peningkatan wawasan dan pengalaman saja tetapi juga sangat mempertimbangkan hal penting dan esensial berkaitan dengan prestasi, dedikasi, loyalitas dan integritas seseorang, sebagai bagian integral guna mewujudkan komitmen tetap merawat dan menjaga secara konsisten, eksistensi serta kebesaran nama dan citra Kejaksaan R.I, agar tidak mencederai dan merusak harkat dan martabat Lembaga milik kita Bersama.


Pada kesempatan ini pula Kajati mengingatkan Kembali, komitmen kita bersama selaku insan aparat penegak hukum Korps Adhyaksa sebagai bagian dari sistem dalam pemerintah, tentang pentingnya kesadaran dan konsisten merepresentasikan janji dan pernyataan bahwa negara akan selalu hadir untuk mengurus, melayani, melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga bangsa tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan golongan. Selain itu, pentingnya melakukan konsolidasi diantara segenap personil dan satuan kerja yang berada dalam lingkup kewenangan dan wilayah kerja masing – masing demi terciptanya kondisi harmonis dan menghasilkan sinergitas kesamaan paham dan pandangan yang dapat melahirkan kesatuan pikiran sikap dan tindakan untuk mendorong akslerasi peningkatan kinerja dan pencapaian target serta tujuan yang direncanakan.


Diakhir sambutannya, Kajati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ibu-ibu para istri yang selama Ini dengan penuh keiklasan, ketulusan dan kesabaran telah turut menjaga dan mendampingi suami selama menjalankan penugasannya baik secara pribadi maupun melalui wadah organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Maluku maupun daerah yang telah banyak melakukan berbagai kegiatan posistif dan bermanfaat yang dirasakan sangat mendukung eksistensi, perkembangan dan kebesaran Korps Adhyaksa kita.


Pelaksanaan kegiatan Pelantikan, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Serah Terima Jabatan, ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada Pejabat yang dilantik oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku yang didampingi Ketua IAD Wilayah Maluku Ny. Debie Agoes dan diikuti juga oleh peserta lain yang turut hadir yakni Wakajati Maluku Dr. Jefferdian, Wakil Ketua IAD Wilayah Maluku Ny. Vinna Jefferdian, Asisten Pembinaan Cumondo Trisno, S.H, Asisten Intelijen Rajendra D. Wiritanaya, S.H, Asisten Tindak Pidana Khusus Triyono Rahyudi, S.H.,M.H, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Sigit Prabowo, S.H.,M.H, Asisten Pidana Militer Kolonel Chk. Satar M. Hutabarat, S.H.,M.H, Para Koordinator, Para Pegawai Jaksa dan Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Maluku serta Para Pengurus IAD Wilayah Maluku. Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Maluku ARDY, S.H.,M.H

Redaksi Eka El Rini, SE 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak